Uncategorized

Baznas Banten Kembali Raih Predikat WTP ke-11 Berturut-turut

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kantor Akuntan Publik untuk tahun buku 2022. Opini WTP ini merupakan yang ke-11 kalinya diraih Baznas Banten sejak tahun 2012 lalu. Penyerahan hasil audit diberikan langsung oleh Manager Kantor Akuntan Publik Dony dan Ramli (Afiliasi Exsus Internasional), Munawar Muchlis di Kantor Baznas Provinsi Banten pada Senin (20/2/23) siang.

“Berdasarkan hasil audit terhadap laporan keuangan Baznas Provinsi Banten tahun buku 2022, kami sampaikan bahwa opininya wajar tanpa pengecualian. Semua laporan keuangan tersaji secara wajar tanpa ada bukti material yang kami temukan,” ujar Munawar Muchlis usai menyerahkan dokumen laporan audit.

Munawar juga mengatakan bahwa proses untuk meraih opini wajar tanpa pengecualian tidaklah mudah, karena memerlukan waktu 30 hari untuk melakukan audit dan uji petik terhadap sejumlah sampling pendistribusian dan pendayagunaan harta zakat, infak, sedekah dan dana sosial kegamaan lainnya yang dikelola Baznas Banten.

“Hasil audit yang hari ini kami sampaikan merupakan suatu proses audit yang sudah sesuai standar di Indonesia maupun Internasional. Hasil audit ini tidak ditemukan masalah dalam pengelolaan zakat di Baznas Provinsi Banten, artinya secara standar keuangan Baznas Banten telah bekerja dengan baik,” tambahnya.

Wakil Ketua III Baznas Provinsi Banten Ace Sumirsa Ali yang hadir pada kesempatan penyerahan hasil audit tersebut menyampaikan kegembiraannya atas opini Kantor Akuntan Publik tersebut. Dia menyampaikan rasa syukur dan terimakasih kepada KAP Dony dan Ramli yang telah bekerja dengan baik dalam memeriksa laporan keuangan Baznas Banten untuk tahun buku 1 Januari-31 Desember 2022. 

“Alhamdulillah kami telah terima hasil audit laporan keuangan Baznas Banten tahun 2022 dari KAP, dan ini merupakan yang ke 11 kami mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian. Tentu kami sangat gembira dan akan selalu mengedepankan tiga prinsip Baznas yaitu Aman Syar’I, Aman Regulasi, dan Aman NKRI,” ungkap Wakil Ketua bidang Perencanaan, Keuangan, dan Pelaporan tersebut.

Ace juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para muzaki yang masih terus setia berzakat melalui Baznas Banten. Baginya opini Akuntan Independen ini menjadi pertanda bahwa pengelolaan keuangan di Baznas Banten bisa dipertanggungjawabkan secara profesional.

“Kami ucapkan terima kasih untuk para muzaki, dengan opini wajar tanpa pengecualian ini semoga muzaki tidak ragu lagi untuk berzakat melalui Baznas Banten,” imbuhnya.

#baznas #baznasbanten #zakat #infak #sedekah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *